Teknostyle – ZAP Beauty Index 2023 kembali hadir, sebuah survei tahunan yang diisi oleh wanita Indonesia mengenai dunia kecantikan. Tahun ini melibatkan lebih banyak wanita Indonesia dibanding tahun 2021 lalu. Sebanyak 9000 wanita dari usia 15-65 tahun mengikuti survei ini. Tujuan dari survei ini adalah untuk membantu memberikan prespektif terhadap tren industri kecantikan pada 2023 mendatang. ZAP Beauty Index 2023 menghadirkan bahwa kecantikan bukan hanya yang terlihat di luar namun kecantikan secara keseluruhan. Pada ZAP Beauty Index 2023 ditemukan penemuan menarik seperti, popularitas brand lokal, pengaruh influencer, tren kecantikan, hingga perubahan kebiasaan terkait kecantikan pada masa post normal ditambah dengan penemuan spesial terkait tipe pria idaman dari pendapat wanita.
Tipe Pria Idaman
Dari survei yang telah dilakukan ditemukan bahwa selain pengetahuan, wanita juga menyukai pria yang merawat penampilan diri terlebih pria yang wangi badannya. Selain itu sebanyak 95.1% wanita mengapresiasi pria yg memakai skincare rutin, 82,9% wanita setuju penting bagi pria untuk melakukan treatment di klinik dan 87,5% wanita menyukai pria yang memiliki personality dan attitude yg baik.
Brand Lokal dan Influencer Lokal Paling dilirik
Brand Kecantikan lokal berhasil memenangkan hati wanita indonesia dibanding dengan brand luar negeri. Sebanyak 96.8% wanita menggunakan produk skincare buatan indonesia dan 19% wanita secara ekslusif menggunakan skincare lokal untuk merawat kulit mereka. Empat produk teratas yang paling disukai dan banyak digunakan wanita adalah facial wash, sunscreen, moisture, dan serum. Selain brand lokal, beauty influencer lokal juga memenangkan hati wanita indonesia. Sekitar 78% wanita masih menjadikan beauty influencer lokal sebagai acuan dalam membeli produk dibandingkan dengan artis korea. Ditambah pada tahun ini tiktok menjadi pengaruh terbesar, sekitar 51,5% sebagai media sosial yang memberikan informasi terkait kecantikan.
Tren dan Perawatan Kecantikan Favorit
Beberapa tahun terakhir skincare yang memiliki kandungan melembapkan lebih banyak dicari sebesar 60% dibanding pada tahun-tahun sebelumnya dimana kandungan anti-acne yang lebih dicari. Sementara itu anti-aging masih menjadi momok para wanita di semua kalangan usia, dan ZBI 2023 menemukan bahwa 14,4% remaja perempuan dibawah 19 tahun sudah mulai mencari skincare dengan kandungan anti-aging. Semakin dewasa wanita, manfaat anti-aging ini semakin diperlukan. Perawatan di klinik kecantikan semakin populer di kalangan wanita, dengan facial sebagai jenis perawatan yang digemari lebih dari 50% wanita indonesia. Hal ini sejalan dengan temuan mengenai concern wanita terhadap kulit kusam. Mereka memimpikan wajah yang bersih dan mulus, selain bertubuh sehat dan bugar agar terlihat cantik
Merespon temuan ZAP Beauty Index 2023, Chief Marketing Officer ZAP Clinic Feriani Chung mengatakan, “Kepercayaan wanita Indonesia terhadap klinik kecantikan semakin meningkat dari tahun ke tahun. Selain menjadi bentuk capaian bagi ZAP, temuan ZAP Beauty Index 2023 juga menjadi masukan bagi kami untuk terus relevan dengan apa yang wanita Indonesia butuhkan dalam mempercantik diri. Selain itu, kami terus berharap agar ZAP Beauty Index bisa menjadi referensi yang komprehensif dan tepercaya bagi pelaku industri kecantikan dan kesehatan Indonesia, maupun teman-teman jurnalis.”