Teknostyle – Zoho Corporation, perusahaan teknologi global terkemuka, Kemarin (12/05/2023) mengumumkan rencana pelaksanaan dan investasi berkelanjutan pada teknologi AI, dimulai dengan peluncuran 10 ekstensi dan integrasi aplikasi Zoho AI generatif dengan ChatGPT. Strategi AI yang dikembangkan Zoho mencakup perluasan platform dan roadmap inovasinya dengan berfokus pada sajian pengalaman dan nilai pelanggan yang unggul sembari memastikan tingkat privasi dan keamanan pelanggan pada level tertinggi.
Selama lebih dari satu dekade, Zoho telah menjalankan dan menerapkan teknologi AI lewat AI buatannya sendiri yang bernama Zia. Alat ini digunakan di seluruh portofolio produknya, mengembangkan teknologi internal yang berjalan di cloud milik perusahaan.
“Perpaduan antara AI generatif ChatGPT dengan fitur AI yang kami ciptakan sendiri akan menghadirkan pengalaman yang lebih intuitif, efisien, dan aman bagi pengguna, yang mencerminkan budaya mendalam divisi R&D-first Zoho,” ujar Ramprakash Ramamoorthy, Head of Labs and AI Research Zoho. “Sebagai mitra teknologi, pelanggan Zoho terus mengandalkan kami untuk membantu mereka tetap terdepan sambil mempertahankan prinsip utama seperti privasi dan nilai, yang telah mereka hormati. Kami akan terus memenuhi janji ini tanpa kompromi.
Ada 3 Prinsip inti dari Strategi AI Zoho:
- Pengalaman Pelanggan
- Privasi Pelanggan
- Nilai Pelanggan
Roadmap dan Visi Teknologi AI
Dalam jangka pendek, Zoho akan memfasilitasi integrasi Zia dengan teknologi kecerdasan pihak ketiga, seperti yang telah kami lakukan dengan ChatGPT, yang menghadirkan teknologi terbaru ke dalam portofolio teknologi solusi bisnis perusahaan yang luas. Seiring kemajuan Zoho, perusahaan akan menggunakan teknologi AI generatif secara internal, memastikan 90 juta pengguna globalnya mendapatkan manfaat dari pengalaman cerdas serta standar nilai dan privasi Zoho yang terkemuka. Selain itu, Zoho saat ini sedang mengembangkan Learning Language Models (LLMs) sendiri, yang mampu berbicara, meringkas, memparafrasakan, dan beradaptasi dengan tugas-tugas baru menggunakan teknik pembelajaran zero-shot, memberdayakan komunikasi tanpa hambatan yang digerakkan oleh AI dan penemuan pengetahuan yang belum pernah ada sebelumnya.
AI Generatif di Aplikasi Zoho
Tersedia di Marketplace Zoho, ekstensi AI generatif Zoho yang baru, yang didukung oleh ChatGPT, melengkapi portofolio yang luas dari teknologi AI yang telah didukung oleh Zoho. Berikut adalah fitur-fitur yang difasilitasi ChatGPT saat ini:
- Zoho CRM dengan AI Generatif
- Zoho Desk dengan AI Generatif
- Zoho Writer dengan AI Generatif
- Zoho Cliq dengan AI Generatif
- Zoho Social dengan AI Generatif
- Zoho Assist dengan AI Generatif
- Zoho Landing Page dengan AI Generatif
- Zoho SalesIQ dengan AI Generatif
- Zoho Notebook dengan AI Generatif
- Zoho DataPrep dengan AI Generatif
Ketersediaan dan Harga
Zia tersedia secara default di aplikasi Zoho, sementara integrasi yang didukung ChatGPT tersedia di Zoho Marketplace. Pelanggan yang memilih untuk mengaktifkan kemampuan AI generatif dalam aplikasi Zoho dapat melakukannya dengan menggunakan kunci API pada akun OpenAI yang ada. Penagihan pada pelanggan akan dilakukan langsung oleh OpenAI berdasarkan jumlah API yang digunakan. Zoho akan mempertahankan ritme yang stabil dengan mengumumkan ekstensi dan integrasi AI generatif baru ke dalam portofolionya.