Teknostyle – Pernah ngga belanja online dan menggunakan virtual try-on untuk mencoba produknya? Baru-baru ini teknologi AI dan AR sangat diminati oleh sebagian banyak orang. Salah satunya yaitu virtual try-on dari Perfect Corp. yang berfokus pada peningkatan pengalaman belanja online, personalisasi, dan sustainability. Saat ini teknologi visual try-on telah menjadi tren yang banyak diminati di Indonesia hingga ASEAN.
Teknostyle berkesempatan mewawancarai Alice Chang, CEO dan Founder Perfect Corp. untuk mengetahui lebih dalam mengenai solusi yang mereka tawarkan. “Didirikan pada 2015, Perfect Corp. menjadi salah satu pioneer dalam transformasi pengalaman belanja konsumen melalui teknologi SaaS. Kini kami melihat prospek perkembangan yang cukup menjanjikan di wilayah ASEAN yang memiliki populasi begitu besar dan pertumbuhan kelas menengah yang mengesankan. Peningkatan akses terhadap teknologi mobile di wilayah ini telah mendorong permintaan konsumen akan pengalaman online yang interaktif,” ujarnya.
Teknologi yang ditawarkan oleh Perfect Corp. mencakup virtual try-on untuk skincare, make–up, fashion, dan perhiasan atau aksesoris. Hadirnya teknologi ini dapat menjadi solusi dari berbagai macam permasalahan yang dihadapi oleh brand dalam pemasaran produknya. Brand dapat mengurangi hingga mengeliminasi sejumlah masalah seperti mengurangi kebutuhan sample produk make-up, sehingga meningkatkan kesadaran akan higienitas dan lingkungan, serta mengurangi timbunan produk yang tidak terjual. Virtual try-on juga telah terbukti meningkatkan keterlibatan pelanggan melalui pengalaman online yang dipersonalisasi dan meningkatkan dwell time website dan konversi add-to-cart.
Bagi kalian yang pernah belanja online dan menggunakan fitur untuk mencoba produk dari brand tersebut, itulah yang disebut dengan teknologi virtual try-on. Pelanggan akan diberi kemudahan dalam mencoba produk secara online, seperti mencoba warna lipstick, foundation, hingga dapat menganalisis jenis kulit untuk mendeteksi skincare yang cocok untuk pelanggan.
“Untuk menghadirkan hasil virtual try-on yang realistis, Perfect Corp. menggunakan algoritma canggih dan model machine learning untuk menyajikan perbedaan hasil yang akurat pada berbagai warna kulit. Hal ini penting untuk memastikan agar warna makeup yang tampak di virtual try-on sesuai dengan pemakaian shade tersebut di undertone dan warna kulit yang berbeda-beda. Kami telah melatih teknologi Perfect Corp. dengan dataset warna kulit yang mampu membedakan hampir 90.000 shade warna kulit,” kata Alice Chang yang baru saja dinobatkan sebagai Forbes Asia’s Power Businesswomen 2023.
Untuk teknologi virtual try-on produk skincare, Perfect Corp. berkolaborasi dengan dermatologis dan skin expert dalam mengembangkan fitur untuk menganalisis permasalahan kulit. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Steven Feldman dari Wake Forest School of Medicine pada teknologi AI Skin Analysis dari Perfect Corp., diketahui bahwa fitur tersebut terbukti memiliki keandalan test-retest yang sangat baik, dan menyoroti kecepatan pemindaian serta pengurangan biaya.
Untuk memberikan pengalaman belanja virtual yang imersif di Indonesia, Thailand, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Singapura, Perfect Corp. telah bermitra dengan Lazada serta brand-brand lokal hingga internasional lainnya. Di Indonesia, Perfect Corp. juga telah membantu Wardah untuk menghadirkan pengalaman virtual try-on kepada konsumennya pada saat pandemi Covid-19. Mereka mencatatkan peningkatan web-traffic lebih dari 134% setelah fitur virtual try-on untuk produk lipstik dan foundation diterapkan di website Wardah.
Dengan adanya ekspansi ke wilayah-wilayah tersebut Perfect Corp. berharap teknologi virtual try-on miliknya dapat melihat lebih banyak pertumbuhan di pasar yang terus berkembang ini. Nah, sudah tidak khawatir salah pilih produk apabila kita bisa mencoba produk saat belanja online, bukan?