Teknostyle.id – Netflix membantah laporan yang mengklaim bahwa “Squid Game” Season 2 akan menghasilkan 1,5 triliun won ($1 miliar) dalam pendapatan, meskipun drama bertahan hidup ini terus memecahkan rekor sejak minggu pertama rilisnya.
K EnterTech Hub, sebuah organisasi riset media lokal, baru-baru ini memproyeksikan bahwa Netflix akan memperoleh setidaknya 1,5 triliun won dari musim baru “Squid Game,” yang dirilis pada 26 Desember tahun lalu.
Dalam analisisnya terhadap musim pertama dan kedua, K EnterTech Hub mengatakan bahwa Season 1 menghabiskan biaya sekitar 25 miliar won untuk produksi dan menghasilkan sekitar 1 triliun won dalam pendapatan, yang merupakan sekitar 40 kali lipat dari biaya produksi.
Untuk Season 2, dengan biaya produksi sekitar 100 miliar won, empat kali lipat dari musim sebelumnya, proyeksi menunjukkan pendapatan setidaknya 1,5 triliun won, berdasarkan trajektori kinerja musim pertama.
Sebagai tanggapan, raksasa streaming AS ini mengeluarkan pernyataan pada hari Rabu, menjelaskan bahwa sebagai layanan berlangganan bulanan, mereka tidak dapat menghitung pendapatan berdasarkan acara individual.
“Mengenai analisis pendapatan ‘Squid Game 2’ yang dirilis oleh sebuah organisasi riset, ada aspek yang sepenuhnya berbeda dengan fakta. Sebagai layanan berlangganan bulanan, Netflix tidak dapat menghasilkan pendapatan tambahan berdasarkan jumlah tayangan atau waktu tayang karya individual. Jadi, tidak mungkin menghitung pendapatan berdasarkan keberhasilan satu karya,” kata Netflix.
“Tidak ada informasi resmi yang memungkinkan perkiraan pendapatan moneter dari karya individual. Netflix tidak mengevaluasi kinerja karya dengan cara ini, dan kami tidak dapat melakukannya.”
Netflix menambahkan bahwa metode perkiraan ini lebih cocok untuk menganalisis kinerja box office berdasarkan penjualan tiket film atau analisis pendapatan layanan bayar-per-tayang.
“Netflix memiliki struktur yang memproduksi karya berdasarkan biaya langganan bulanan anggota. Kami menyampaikan kekhawatiran tentang penyebaran informasi yang tidak akurat karena analisis atau klaim yang salah yang dapat menyebabkan kesalahpahaman signifikan tentang struktur bisnis ini,” kata perusahaan streaming tersebut.
“Squid Game” Season 2 meraih posisi teratas di 93 negara dalam dua hari setelah rilis, dan juga mencatatkan rekor pemirsa baru dalam minggu pertamanya.