Teknostyle – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) dan Transsion Holdings menjalin kemitraan strategis saat ajang Mobile World Congress (MWC) Shanghai 2025. Kerja sama ini bertujuan mempercepat inklusi digital di Indonesia dengan mengintegrasikan kekuatan jaringan IM3 dan Tri milik IOH dengan perangkat digital terjangkau dari Transsion. Fokus utamanya adalah memberikan akses layanan digital yang lebih luas, khususnya di daerah terpencil.
Nota Kesepahaman (MoU) ditandatangani oleh perwakilan kedua pihak, termasuk jajaran direksi dari IOH dan Transsion. Dalam kolaborasi ini, lebih dari 10.000 gerai Transsion di seluruh Indonesia akan menjadi titik distribusi layanan Indosat. Tidak hanya untuk penjualan kartu SIM, tetapi juga sebagai pusat akses layanan digital.
Transsion juga akan menyematkan aplikasi myIM3 dan bima+ secara bawaan di semua perangkatnya. Oleh karena itu, pengguna dapat langsung mengakses layanan data dan konten digital sejak awal. Untuk mempermudah kepemilikan smartphone dan konektivitas, kemitraan ini menyediakan skema cicilan 0% dan opsi penggunaan eSIM yang praktis dan fleksibel.
Menurut Vivek Mehendiratta, Chief Marketing Officer IOH, kerja sama ini merupakan langkah strategis dalam mewujudkan solusi digital yang terjangkau dan relevan. Serta bagian dari visi IOH membangun masyarakat digital yang inklusif.
Data dari APJII tahun 2024 menunjukkan bahwa walaupun tingkat penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 79,5%. Masih terdapat kesenjangan besar antara wilayah perkotaan dan pedesaan—di mana penetrasi di daerah rural baru menyentuh 30,5%. Kolaborasi ini kedepannya bisa menjadi jembatan kesenjangan tersebut.
Benjamin Jiang, Wakil Presiden Transsion Holdings, menyebut Indonesia sebagai pasar kunci di Asia Tenggara. Ia menyatakan komitmennya untuk mendukung transformasi digital nasional dengan menghadirkan perangkat berkualitas tinggi serta pengalaman digital yang unggul bagi masyarakat Indonesia.
Ke depan, kedua perusahaan berencana mengeksplorasi pengembangan produk bersama (co-branded). Dengan memperluas integrasi aplikasi, serta merancang layanan digital lokal sesuai kebutuhan masyarakat tiap wilayah.
Kemitraan ini menunjukkan dedikasi IOH dan Transsion untuk menyediakan pengalaman digital menyeluruh serta memastikan semua kalangan dapat merasakan manfaat dari kemajuan teknologi, tanpa ada yang tertinggal. (Be)