Teknostyle – Bagi Anda yang bingung caranya retur barang di Shopee, Anda berada di artikel yang tepat. Sebenarnya amat mudah untuk meretur barang di Shopee. Anda, sebagai pembeli, perlu mengetahui hal ini.
Saat ini, belanja online sudah menjadi kebiasaan yang tidak bisa kita hilangkan. Apalagi di era digital, belanja online seakan menjadi kebutuhan primer setiap orang. Karena transaksinya dilakukan secara online, terkadang ada sedikit masalah, seperti barang yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi seller, atau pun ada barang yang cacat.
Shopee, termasuk e-commerce yang memungkinkan pembelinya, untuk mengajukan pengembalian barang yang telah dibeli. Bingung? Begini cara meretur barang di Shopee.
Dilansir dari techdaily.id, sebagaimana dikutip dari halaman resmi Shopee, ini langkah-langkah meretur barang:
- Untuk melakukan pengajuan, klik ‘Saya’.
- Selanjutnya, tabdikirim.
- Kemudian, Ajukan ‘Pengembalian’ pada produk yang akan dikembalikan di ‘Rincian Pesanan’.
- Berikutnya, pilih ‘Alasan’
Ada beberapa alasan pengembalian barang, termasuk tidak menerima pesanan, menerima produk yang tidak lengkap, menerima produk yang salah, menerima produk dengan kerusakan fisik, menerima produk yang rusak, dan menerima produk yang bukan asli atau orisinil.
Usai memilih ‘Alasan Pengembalian Barang’ atau ‘Dana’, berikan bukti dan deskripsi (jika ada) > klik ‘Pilih Solusi’ > pilih solusi yang sesuai > klik ‘Kirim’. Ada dua solusi yang tersedia, tergantung alasan pengembalian barang atau dana yang bisa dipilih yakni:
- Pengembalian barang dan dana.
- Pengembalian dana saja untuk alasan ‘Tidak Menerima Pesanan’ dan ‘Produk Tidak Lengkap’ (Anda bisa memasukkan jumlah pengembalian dana).
Nah, cara retur barang Shopee di atas, juga dapat digunakan di semua toko, baik Shopee Mall maupun yang bukan. Untuk produk non-Shopee Mall, pengembalian barang/dana akan diproses dalam 3-5 hari kerja, setelah pesanan yang dikembalikan sampai di gudang Shopee.
Hasil permintaan pengajuan kamu akan diinformasikan melalui notifikasi aplikasi Shopee dan email:
- Untuk kasus ‘Pengembalian Dana Saja’, Shopee akan meninjau kasus tersebut dan menghubungi kamu kembali mengenai penyelesaiannya.
- Untuk kasus ‘Pengembalian Barang dan Dana’, kamu akan diminta untuk mengirim dan mengembalikan produk. Pelajari lebih lanjut, tentang cara mengirimkan paket pengembalian kamu.
- Cari tahu mengenai pengajuan pengembalian barang/dana produk non-Shopee Mall, jika produk yang dibeli merupakan produk non-Shopee Mall. (LCY)