Teknostyle – Pameran Food & Hotel Indonesia (FHI) 2022 yang diselenggarakan
bersamaan dengan ajang Hotelex Indonesia dan Speciality Food Indonesia serta Retail Indonesia
telah usai dan sukses menggaet 32.000 pengunjung. Tidak hanya berasal dari Indonesia,
pengunjung yang memadati Jakarta International Expo (JIEXPO) selama 4 hari penyelenggaraan
dari tanggal 26-29 Juli 2022 di itu juga berasal dari Singapura, Malaysia, Australia, Korea Selatan,
Italia, China, India, Jepang, dan Amerika Serikat. Total lebih dari 500 perusahaan dari 26 negara
bergabung sebagai exhibitor. FHI sukses menjadi pameran dagang internasional terdepan dan
terbesar di Indonesia dalam bidang perhotelan (Hospitality) dan makanan dan minuman (food &
beverages atau F&B).
Juanita Soerakoesoemah selaku Event Director FHI 2022 mengatakan, salah satu kesuksesan
penyelenggaraan FHI edisi ke-16 tahun ini adalah terlaksananya Business Matching Program,
yakni platform bagi pengunjung dan customer untuk dapat melakukan pertemuan dan menjalin
hubungan bisnis dengan perusahaan peserta pameran secara privat. “Selama 4 hari
penyelenggaraan telah terjadi 250 business meeting melalui fasilitas executive business lounge
yang kami sediakan,” ujar Juanita.
Ia menambahkan, selain pertemuan bisnis, pengunjung dan customer dapat belajar secara
langsung dari praktisi, ahli atau professional mengenai trend dan inovasi terkini di bidang
perhotelan dan F&B. FHI 2022 menghadirkan berbagai kegiatan workshop, seminar, training,
Masterclass, hingga kompetisi dari berbagai asosiasi profesi yang bergabung.
Harapannya, kegiatan dalam FHI 2022 dapat mendukung perkembangan dan kemajuan industri
perhotelan dan F&B di Indonesia. FHI diadakan untuk mendukung akselerasi pertumbuhan
industri nasional yang berkelanjutan melalui inovasi bisnis agar berjaya di pasar global.
“Selain itu FHI juga memberi peluang bagi perusahaan internasional untuk memasuki pasar
industri perhotelan dan F&B Indonesia yang menguntungkan dan saat ini berkembang pesat,”
jelas Juanita.
Berbagai kegiatan menarik yang diadakan selama FHI 2022 antara lain, FHI TV Programme,
Masterclass, Food Talks dan Foodies & Beyond dibawah program Culinary Talks oleh Association
Information Classification: General
of Culinary Professional (ACP) Indonesia; Indonesia Coffee Events 2022 oleh Speciality Coffee
Association of Indonesia (SCAI); workshop dan kompetisi wine oleh Indonesia Sommelier
Association (ISA) Chapter Jakarta; kompetisi pastry dan baking oleh Indonesia Pastry Aliance (IPA);
workshop gelato oleh Espresso Italia; dan berbagai seminar yang dihadiri oleh professional dari
dalam maupun luar negeri.
Ketua Umum SCAI Daryanto Witarsa mengatakan, FHI sebagai event internasional terdepan dan
terbesar untuk industri perhotelan dan F&B di Indonesia, menjadi partner yang tepat untuk
menyelenggarakan Indonesia Coffee Events(ICE) 2022 ke jenjang selanjutnya. Harapannya World
Coffee Events akan dapat dilaksanakan di Indonesia melalui dukungan kerjasama dengan FHI.
“ICE merupakan event bergengsi tahunan oleh SCAI yang melambangkan puncak indutri hilir
dunia kopi di Indonesia. Asosiasi memiliki cita-cita untuk membawa ICE naik ke level internasional,
oleh karena itu kami mengadakan ajang ICE tahun ini bersamaan dengan pelaksanaan FHI 2022,”
tutur Daryanto.
Selama FHI 2022 digelar 2 kompetisi kopi dalam gelaran ICE yakni Indonesia Barista
Championship (IBC) 2022 dan Indonesia Brewers Cup Championship (IBRC) 2022. Selain
kompetisi, SCAI juga menghadirkan Coffee Village yakni sebuah area all-star experience bar yang
mewajibkan seluruh peserta kompetisi untuk menyajikan kopi ke pengunjung. Tujuannya agar
pengunjung bisa menikmati langsung kopi yang disajikan oleh peserta kompetisi.
“Kami rasa dengan hadir di FHI 2022 dapat mendukung kebangkitan dan mengembalikan gairah
industri kopi kembali setelah pandemik, meningkatkan konsumsi lokal, dan lahirnya juara yang
dapat meningkatkan level industri secara keseluruhan. Kami akan terus bekerja sama dengan
Pamerindo Indonesia dengan menghadirkan Indonesia Latte Art Championship ke gelaran
selanjutnya di Food, Hotel & Tourism Bali (FHTB) 2022,“ imbuhnya.
Yessylia Violin yang sempat mewakili Indonesia di World Coffee Events tahun 2018 berhasil
memenangkan juara IBC 2022 sehingga akan kembali mewakili Indonesia berkompetisi di ajang
internasional World Barista Championship. Sedangkan, kompetisi IBRC 2022 dijuarai oleh John
Richard Christopher dari Fugol Coffee Roasters yang juga akan mewakili Indonesia berkompetisi
di ajang World Brewers Cup Championship 2022 yang akan diadakan bersamaan dengan World
Barista Championship 2022 pada bulan September di ajang Melbourne International Coffee Expo.
Information Classification: General
Selama FHI 2022 diadakan pula kompetisi Jakarta Best Sommelier 2022 oleh Indonesia Sommelier
Association (ISA) Chapter Jakarta yang dimenangkan oleh Puji Harjanto dari Cork & Screw, disusul
oleh Teguh Alexander dari Osteria GIA yang menjadi juara ke-2 dan Amal Maruta from Bistecca
Jakarta pada posisi juara ke-3. Di sisi lain, Indonesia Pastry Alliance (IPA) juga mengadakan
beberapa kompetisi Pastry and Baking, antara lain Modern ala Carte Plated Dessert, Cake Shop
Challenge, Dress the Cake Inclusive, UMKM Pastry Challenge, dan Junior Bakery Challenge.
Modern ala Carte Plated Dessert dimenangkan oleh Beau Bakery yang juga menjadi juara ke-3 di
kompetisi Cake Shop Challenge, dimana Artisan Kulinary Group yang menjadi juara pertama.
Dukungan Berbagai Sektor
Pemerintah melalui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Dr. H.
Sandiaga Salahuddin Uno, BBA., MBA, menyampaikan dukungan dan menyambut baik gelaran
pameran offline setelah tertunda karena pandemik, melalui pesan video disela-sela kesibukannya
saat pembukaan FHI 2022. “Kemenparekraf sangat mengapresiasi semangat para pelaku kreatif
untuk menggerakkan kembali roda perekonomian kita melalui FHI ini,” ujar Sandiaga.
Ia menambahkan, melalui event FHI ini diharapkan produk-produk unggulan Indonesia dapat
dikenalkan kepada calon investor lokal maupun internasional. “Sekaligus kita dorong hotel dan
pengusaha pariwisata Indonesia untuk berinovai dengan menggunakan bahan-bahan lokal kita,”
imbuhnya.
Sandiaga mengucapkan terima kasih kepada Pamerindo Indonesia yang telah konsisten
menyelenggarakan berbagai acara pameran dagang termasuk FHI selama lebih dari 28 tahun di
Indonesia. Ia juga mengapresiasi para pelaku usaha pariwisata, hotel, dan berbagai stakeholders
yang turut mensukseskan pameran FHI ini.
“Dukungan kita merupakan bentuk kepedulian kita terhadap industri hospitality sekaligus dapat
mengangkat kuliner nusantara melalui kampanye Indonesia Spice of The World, mendorong
kenaikan ekspor bumbu, dan menciptakan peluang usaha dan lapangan pekerjaan berbagai
bidang untuk kebangkitan perekonomian Indonesia,” jelasnya.
Menambahkan dukungan pemerintah, Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif – Kementerian
Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Yuana Rochma Astuti, dalam kehadirannya
di FHI 2022 mengatakan, FHI tahun ini memberikan kesempatan positif bagi pelaku industri
Information Classification: General
perhotelan dan F&B untuk saling bersinergi dalam mendorong pertumbuhan industri yang
sempat terpuruk karena pandemik. “FHI 2022 menjadi momentum kembali bagi pelaku usaha di
industri ini untuk berakselerasi mencapai target pertumbuhan usaha yang diharapkan,” papar
Yuana.
Ia menegaskan, pemerintah mendukung penuh inisiatif dan kegiatan promosi dagang serta usaha
yang dapat mendorong pertumbuhan industri nasional. Menurutnya, FHI memberikan ruang bagi
pelaku usaha dalam negeri untuk mempromosikan produknya dan memperluas pasar secara
global.
Pemilik dan Pendiri Bounce Street Asia Trampoline Park and Naughty Olive Vegetarian
Restaurant, Niraj Khiani & Suraj Khiani mengatakan bahwa FHI telah sangat membantu mereka
dalam mendapatkan banyak supplier untuk kebutuhan mesin, makanan dan bahan bakunya.
“Oleh karena kami sedang membangun ulang restoran, kami mencari dan mendapatkan banyak
kontak yang sangat berguna dari pameran ini. Tidak hanya itu, supplier apapun yang datanya
tidak kami miliki, kami dapatkan melalui FHI. Acara ini sangat sempurna, sebuah ajang pameran
yang harus selalu didatangi pada setiap pelaksanaannya,” puji mereka.
Desiree Tarigan sebagai Pemilik dan Pendiri Mamitoko Dessert Shop mengakui ia telah rutin
mengunjungi FHI dalam beberapa tahun terakhir karena supplier untuk mesin dan bahan baku
yang dibutuhkannya selalu ada di pameran ini. “Saya sangat senang untuk menghadiri FHI karena
banyak hal baru yang dipamerkan serta teknologi baru yang bisa didapatkan. FHI tahun ini luar
biasa sekali, peserta pameran beserta produknya juga menakjubkan, dan seluruh pengunjung
sangat antusias sekali. Semoga FHI selalu maju kedepannya,” harapnya.
Presiden Association of Culinary Professional (ACP) Indonesia Chef Rafael Triloko Basanto
berpendapat, FHI sebagai ajang pameran tingkat internasional terdepan di bidang Perhotelan
dan F&B dapat menjadi tempat bagi professional, Chef, pelaku usaha, dan penggiat industri
berkumpul dan berinteraksi membahas topik dan trend terkini dalam industri ini.
“Kegiatan kami (Masterclass) menjadi pemicu bagi penggiat industri masa kini untuk mulai
bangkit kembali. FHI 2022 menjadi momentum bahwa sudah saatnya F&B tanah air kembali
bergeliat dan berkembang pesat sesuai pertumbuhan industri yang diharapkan,” jelas Triloko.
Information Classification: General
Ia berharap, kerjasama ACP dengan Pamerindo Indonesia dalam gelaran FHI 2022 dapat
membangun dan memajukan keterampilan juru masak muda Indonesia dan memperkenalkan
kuliner Indonesia ke mancanegara.
Menutup gelaran FHI 2022, Leonarita Hutama selaku Marketing Communication Manager FHI
2022 menyebut kehadiran FHI diharapkan terus mendukung akselerasi pertumbuhan yang
berkelanjutan bagi industri F&B dan perhotelan Indonesia. Hal tersebut agar mendukung Making
Indonesia 4.0 melalui penerapan teknologi dan digitalisasi yang sinergis dengan akses global,
seperti FHI Digital Showroom yang didukung oleh Saladplate.
Leona berharap, melalui gelaran FHI 2022 para pelaku bisnis dan penggiat industri dapat
bergabung dan bersinergi untuk sama-sama memajukan industri perhotelan dan F&B nasional,
terutama pasca pandemi. Usaha ini akan terus dilanjutkan melalui gelaran ajang selanjutnya yaitu
Food, Hotel & Tourism Bali (FHTB) 2022 yang mendukung Industri Pariwisata dan Hospitality di
Indonesia. Pameran FHTB akan diadakan pada tanggal 22 – 24 September 2022 di Bali Nusa Dua
Convention Center (BNDCC). (Istimewa)
HUT MASTEL ke-31: Huawei Dorong Kolaborasi Ekosistem untuk Penguatan Konektivitas Melalui Fiberisasi, 5G, dan Pembangunan Gigacity
Teknostyle - Penyedia solusi infrastruktur TIK dan perangkat pintar global Huawei kembali menegaskan komitmennya dalam mendorong kolaborasi ekosistem. Dalam rangka...