Teknostyle – Kemeriahan sambut pembukaan Food, Hotel & Tourism Bali (FHTB) 2022 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) hari ini. Pengunjung memadati hall BNDCC di hari pertama pameran dagang internasional dalam bidang perhotelan dan F&B terbesar di Timur Indonesia ini. Hadir bersama Retail Indonesia, FHTB 2022 diikuti oleh lebih dari 300 perusahaan exhibitor dari 26 negara selama tiga hari yakni 22-24 September 2022.
Gelaran FHTB yang memasuki edisi ke-12 tahun ini telah secara resmi dibuka bersama dengan Wakil Gubernur Bali, Prof. Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si. Selain itu hadir memberi sambutan saat acara Opening Ceremony FHTB 2022, Ketut Darmayasa, S.IPem, MM, CHT sebagai Chairman of Indonesian Food & Beverage Executive Association (IFBEC) Bali Chapter dan Stefan Mueller, Chairman of Bali Culinary Professionals (BCP). Sambutan dan dukungan berbagai pihak dalam pembukaan FHTB 2022 menunjukkan optimisme bagi kebangkitan industri pariwisata di Indonesia.
Event Director FHTB 2022 Juanita Soerakoesoemah dalam sambutan pembuka mengatakan FHTB 2022 digelar dalam rangka memberikan dukungan bagi kebangkitan industri F&B, perhotelan dan pariwisata di Indonesia. Setelah pandemik global, industri pariwisata terdampak yang signifikan khususnya bagi wilayah Indonesia Timur sehingga dibutuhkan penjembatan untuk menggairahkan kembali industri ini.
“FHTB sebagai pameran dagang dua tahunan berskala internasional telah menjadi platform terbaik dalam menghubungkan perusahaan peserta pameran sebagai penyedia produk dengan pembeli dari resor, jaringan hotel, restoran, dan importir terbaik di wilayahnya sehingga dapat mendukung akselerasi dari pemulihan industri pariwisata nasional pasca pandemi global,” ujar Juanita.
Diantara perusahaan yang bergabung sebagai exhibitor dalam FHTB 2022 antara lain Hatten Bali, Nano Logistic, McLewis, Health Today, ATEJA, Amardeep, Terry Palmer, Sensatia Botanical, Prambanan Kencana, Rotaryana Prima, Duta Abadi Primantara, Kurnia Mitra Duta Sentosa, Nespresso, Lotus Food Services, Pantja Artha Niaga, Multifortuna Sinardelta, Jaddi Internasional, Libra Food Service, Comextra, Unakaffe System, Tokusen Wagyu, Rasa Group dan masih banyak lagi.
Tidak hanya pameran produk, FHTB 2022 juga menghadirkan berbagai kompetisi dan acara menarik selama tiga hari penyelenggaraan melalui dukungan berbagai asosiasi terkait. Diantaranya: 11th Salon Culinaire Bali oleh Bali Culinary Professionals (BCP); Barnation oleh Asosiasi Bartender Indonesia (ABI); Wine Masterclass oleh Indonesia Sommelier Association (ISA) Bali Chapter; Gelato Workshops oleh Lotus Food Services dan Carpigiani; serta Industry Seminar & FHTB TV Programme melalui kanal Youtube Food & Hospitality Series_ID.
Juggling Show
Ketua Indonesian Food & Beverage Executive Association (IFBEC) Bali Chapter, Ketut Darmayasa, S.IPem, MM, CHT mengatakan dalam FHTB 2022 akan menyelenggarakan Barnation yakni kompetisi bagi bartender atau peracik minuman. Flair bartender merupakan salah satu aksi akrobatik yang dilakukan bartender dalam menghibur tamu. Dalam aksinya bartender akan memainkan peralatan bar seperti shaker, botol, ice scoop, dan lainnya dengan berbagai teknik dan gerakan yang sangat menghibur.
“Harapannya dari kompetisi ini bisa mencetak entertainer muda berbakat baik dari kalangan umum maupun pekerja industri pariwisata sehingga bisa menjadi perwakilan Indonesia untuk kompetisi internasional,” ujar Ketut.
Disela-sela kompetisi, juga akan dilaksanakan Bar Coaching Clinic untuk menjadi tambahan pengetahuan bagi pengunjung. Ia berharap dari pelaksanaan FHTB 2022 ini akan terjalin banyak kerjasama yang saling membedayakan dan memperkuat hubungan bisnis di industri perhotelan dan F&B ini. Baginya, ini merupakan acara besar yang harus diambil kesempatannya oleh para pelaku industri lokal.
“Bali adalah barometer pariwisata Indonesia. Dengan keiikutsertaan IFBEC dalam FHTB 2022 diharapkan bisa menarik banyak pebisnis dan turis lokal maupun internasional, supaya mereka makin yakin membeli produk-produk lokal Bali. Dari segi profesi, mereka juga bisa melihat trend-trend baru yang sedang naik daun saat ini,” tambahnya.
Wine Masterclass & Sommelier Competition
Indonesia Sommelier Association (ISA) Bali Chapter turut mendukung ajang FTHB 2022 dengan menghadirkan Wine Masterclass dan Best Sommelier Competition. President Indonesia Sommelier Association Bali Chapter, Adam mengatakan melalui Wine Masterclass, ISA Bali Chapter ingin memberikan kesempatan lebih luas lagi tentang wine knowledge kepada semua pihak baik wine enthusiast maupun pelaku professional di bidang F&B.
“FHTB dipercaya sebagai event besar yang banyak dinantikan masyarakat Indonesia umumnya dan pengusaha F&B pada khususnya. ISA percaya bahwa dengan bergabung dan menghadirkan Masterclass di FHTB 2022 dapat membawa animo masyarakat yang lebih memperluas sosialisasi ISA,” terang Adam.
Adam juga menambahkan bahwa FHTB menjadi momen yang tepat untuk menjalankan Best Sommelier Competition yang rutin diadakan setiap tahunnya untuk mendapatkan Champion Sommelier yang nantinya berkesempatan mengikuti seleksi untuk tingkat Intenasional. Kompetisi ini diharapkan dapat membuat komunitas pekerja professional F&B semakin lebih percaya diri dan saling mendukung satu sama lain guna menyongsong perkembangan industri F&B dan pariwisata Indonesia yang semakin variatif, inovatif, dan kompetitif di dunia pariwisata global.
Marketing Communication Manager FHTB 2022 Leonarita Hutama menerangkan beragam kompetisi dan kegiatan yang hadir melalui dukungan partner asosiasi dalam FHTB 2022 diharapkan dapat terus melanjutkan dukungan bagi perkembangan industri F&B, perhotelan, dan pariwisata yang berkelanjutan di Indonesia. “FHTB tidak hanya hadir sebagai ajang pameran dagang saja untuk wilayah Timur Indonesia, namun juga sebagai sarana pembelajaran bagi pebisnis dan penggiat di industri ini,” ujarnya.
Leonarita menjelaskan bahwa semuga program dalam FHTB tahun ini termasuk didalamnya Industry Seminar dan FHTB TV Programme merupakan sarana untuk membantu pelaku bisnis industri F&B, perhotelan dan pariwisata Indonesia mendapatkan dukungan dan wawasan dalam pengembangan bisnis yang berkelanjutan. Targetnya adalah seluruh kegiatan dan program yang ada dalam FHTB dapat mendukung sektor ini bersinar secara global dalam menwujudkan Indonesia 4.0 di tahun 2030.
FHTB 2022 juga mempromosikan nilai keberlanjutan atau sustainability (sosial, ekonomi, dan lingkungan) melalui cara dalam memproduksi acara dan kesempatan dalam bekerja sama dengan mitra yang terinspirasi dengan pembangunan berkelanjutan (sustainable) pada industri pariwisata. Menurut Leonarita sustainability menjadi bagian penting dari acara dan kegiatan yang diadakan oleh Pamerindo Indonesia (bagian dari Informa Markets) sebagai penyelenggara, untuk dapat menginspirasi pengunjung dan peserta pameran turut mengembangkan sustainability dalam mencapai tujuan pasar mereka.
Hingga hari pertama penyelenggaraan FHTB 2022 telah terdaftar ribuan pengunjung. Registrasi pengunjung masih akan terus dibuka hingga hari terakhir penyelenggaraan melalui scan QR code yang dapat ditemukan di area BNDCC. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengakses www.fhtbali.com atau kunjungi sosial media melalui Instagram (@fhtbali), Facebook (FHTBali) dan Linkedin (Food, Hotel & Tourism Bali).