Teknostyle – Indosat Ooredoo Hutchison (IDX: SAT) dan Ericsson (NASDAQ: ERIC) bermitra untuk meningkatkan penawaran digital terbaru bagi pelanggan dengan mempercepat perjalanan transformasi digital Indosat. Indosat berupaya untuk meningkatkan keunggulan kompetitifnya dengan melihat lebih banyak peluang baru yang berpusat pada jaringan digital yang mencakup; ekosistem mitra, metaverse, model bisnis baru, keterlibatan multi-channel, network slicing, monetisasi, perjalanan kontekstual, dan API.
5G menjanjikan untuk merevolusi segmen perusahaan bagi penyedia layanan, menciptakan peluang untuk mengembangkan hubungan dan kolaborasi lebih kuat yang akan memberikan manfaat di seluruh spektrum pada perusahaan, pengguna akhir, dan mitra.
Ericsson Digital Monetization Platform (DMP) merupakan sebuah katalog produk yang diaktifkan, solusi penagihan (charging) dan penagihan konvergen, serta merupakan bagian dari portofolio Ericsson Telecom BSS, yang akan membantu Indosat memanfaatkan peluang tersebut. Ericsson DMP akan membantu Indosat untuk memungkinkan mitra dan pelanggannya untuk menciptakan model bisnis baru yang nyata dan baik bagi pelanggan maupun pengguna bisnis serupa.
Kemitraan ini nantinya akan meningkatkan, Integrasi aplikasi BSS, Katalog produk perusahaan, dan Peningkatan pengalaman pelanggan.
Vikram Sinha, President Director dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan “Pendekatan yang mengutamakan mitra adalah strategi utama kami dalam mencapai tujuan Indosat yang lebih besar, yaitu menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia dengan mempercepat transformasi digital bangsa. Bersama Ericsson, kami ingin memaksimalkan potensi penuh dari jaringan 4G dan 5G kami, ekosistem kemitraan, model bisnis terbaru, dan pendekatan multi-channel dalam memberikan pengalaman yang luar biasa kepada seluruh pelanggan, baik individual maupun perusahaan. Kami percaya bahwa transformasi digital akan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa depan.”
Jerry Soper, Head of Ericsson Indonesia, mengatakan “Kemitraan terbaru ini memperkuat kolaborasi antara Ericsson dan Indosat yang telah berlangsung lama di Indonesia. DMP akan memungkinkan Indosat untuk lebih cepat memonetisasi aset sekaligus memenuhi permintaan pelanggan dengan penawaran-penawaran baru ke market, memperkuat daya saing, memungkinkan fleksibilitas untuk memenuhi permintaan pasar, serta mengurangi biaya lewat operasional yang efisien dan solusi Total Cost of Ownership (TCO) yang hemat. Kami sangat senang dapat mendukung Indosat dalam perjalanan transformasi mereka.”
Di Indonesia, Indosat dan Ericsson telah lama menjalin kemitraan teknologi dan layanan yang mencakup 2G, 3G, 4G, dan baru-baru ini dilaksanakan uji coba 5G. Sebagai pemimpin global dalam teknologi informasi dan komunikasi, Ericsson menghadirkan platform 5G end-to-end terkemuka yang memungkinkan penyedia layanan seluler seperti Indosat bisa mengembangkan jaringan 5G secara lancar dan meminimalkan Time to Market (TTM) ketika mereka ingin mengaktifkan, memperluas, maupun meningkatkan 5G.