Teknostyle.id – Keraton Yogyakarta menjalin kolaborasi dengan Platform Traveloka untuk mendorong dan memperkuat promosi digitalisasi pariwisata destinasi wisata keraton Yogyakarta yang penuh dengan kekayaan warisan budaya dan sejarah di Indonesia.
“Kami menyambut baik kolaborasi ini untuk mendukung kemajuan pariwisata di Yogyakarta, khususnya di kawasan Keraton,” kata Pengageng KHP Nitya Budaya Keraton Yogyakarta Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara pada peluncuran kerja sama itu di Yogyakarta, Kamis, (06/06/2024).
Kerja sama Keraton Yogyakarta dan Traveloka sejalan dengan upaya dalam memberi pengalaman terbaik bagi wisatawan melalui program menarik yang diadakan setiap minggu, seperti pameran budaya, pertunjukan seni tradisional, dan berbagai kegiatan menarik lainnya.
“Kami mengharapkan kemitraan ini dapat semakin meningkatkan jumlah wisatawan serta membantu melestarikan warisan budaya Yogyakarta agar bisa dinikmati oleh generasi-generasi mendatang,” tambahnya.
Iko Putera, CEO of Transport Traveloka, mengatakan, Kolaborasi Traveloka dan Keraton Yogyakarta melalui digitalisasi obyek wisata, akan memberikan pilihan wisata budaya yang lebih beragam bagi wisatawan, dan tentunya semakin mendorong Kota Yogyakarta sebagai destinasi wisata global.
“Traveloka melihat potensi Yogyakarta untuk menjadi destinasi wisata pilihan domestik maupun turis global. Data internal kami menunjukkan peningkatan pencarian penerbangan ke Yogyakarta hingga 2 kali lipat, dan lebih dari 2 kali lipat untuk akomodasi di periode libur Waisak tahun ini, dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya”, Ujar Iko.
Keraton Yogyakarta merupakan peninggalan sejarah dan ikon Kesultanan Yogyakarta yang populer di kalangan wisatawan karena kekayaan budaya, nilai seni, dan jejak sejarah. Kawasan Keraton dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono I dengan konsep tata ruang yang mengandung filosofi syarat akan makna.
Dengan luas 14.000 meter persegi, lokasi wisata Keraton Yogyakarta terbagi menjadi beberapa kompleks berarsitektur indah campuran Portugis, Belanda, dan China. para pengunjung juga dapat melihat para Abdi Dalem yang bertanggung jawab atas segala urusan operasional Kesultanan.
Wisatawan yang ingin berbelanja oleh-oleh bisa mengunjungi Malioboro, yang terkenal menawarkan berbagai cenderamata dan aneka kuliner khas Yogyakarta. Pesona Keraton Yogyakarta dan kawasan di sekitarnya turut berperan dalam peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta di tahun 2023 yang mencapai sekitar 46%.
Melalui inovasi digitalisasi dan kerja sama dengan Keraton Yogyakarta, Traveloka
berupaya mendukung pemerintah dalam mengembangkan Yogyakarta sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas di Indonesia dengan memberikan wisatawan berbagai kemudahan dalam merencanakan perjalanan. (Noveryza)