Teknostyle – 22 November 2024 sebanyak 111 UMKM berpartisipasi pada acara Pesona Timur Indonesia yang digelar di Sarinah Jakarta, mulai 21-24 November 2024. Acara bazar UMKM ini merupakan binaan BUMN seperti, PT PLN, PT Jasa Raharja, PT Pelni, ITDC, dan PT ASDP Indonesia Ferry. Aneka ragam produk berasal dari kawasan NTT dipamerkan pada acara ini, diantaranya produk makanan dan minuman, fashion, craft, dan layanan travel.
“Kami berharap masyarakat Indonesia semakin bangga menggunakan produk lokal untuk mendukung daya saing UMKM Indonesia dan dapat menumbuhkan antusiasme masyarakat terhadap produk UMKM. Sehingga sinergi antara Kementerian BUMN dan perusahaan BUMN sangat penting untuk mendukung pembinaan serta pengembangan UMKM. Semoga kolaborasi ini terus berlanjut untuk membawa UMKM Indonesia Go Digital dan Go Global.” tutur Alois Wisnu Hardana, Corporate Secretary PT PLN (Persero).
Acara ini merupakan lanjutan dari Pesona Timur Indonesia edisi sebelumnya yang digelar pada Marina Plaza Merourah Labuan Bajo tanggal 08-10 November 2024.
Dalam ajang unjuk kreativitas ini diisi oleh berbagai kegiatan pendukung diantaranya adalah sebagai berikut:
- Demo Produk oleh UMKM Binaan BUMN
- Workshop tentang “Rug Tufting”
- Penampilan music Sasando, Band Melodius, dan Adellia Michelle
- Peragaan busana oleh Komunitas Etnik Nusantara dan penampilan bintang tamu Yura Yunita
Selain itu, dimeriahkan juga oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) dengan mengadakan rangkaian kegiatan atraktif inovatif. Kegiatan tersebut Workshop “Latte Art”, Talkshow & Coaching “Coffee Culture Around the World”, dan Manual Brew Competition. Hadir pula Ryan Wibawa yang merupakan Word Brewers Cup 3rd 2024 untuk mengisi acara edukasi mengenai industri kopi. Untuk menarik antusiasme pengunjung, diadakan pula kompetisi manual brew dengan menggunakan produk biji kopi dari UMKM lokal.
Seluruh rangkaian acara Pesona Timur Indonesia merupakan bagian penting dari implementasi program startegis guna mendorong pertumbuhan ekonomu nasional.