• Technology
  • Gadget
  • Lifestyle
  • Apps
  • Event
  • Game Online
  • Travel
  • Feature
Rabu, Mei 21, 2025
  • Login
teknostyle.id
  • Technology
  • Gadget
  • Lifestyle
  • Apps
  • Event
  • Game Online
  • Travel
  • Feature
No Result
View All Result
teknostyle.id
  • Technology
  • Gadget
  • Lifestyle
  • Apps
  • Event
  • Game Online
  • Travel
  • Feature
No Result
View All Result
teknostyle.id
No Result
View All Result
Home Business

Liburan Natal dan Tahun Baru 2025 Trafik Data XL Axiata Naik 19%

by redaksi teknostyle
0
Liburan Natal dan Tahun Baru 2025 Trafik Data XL Axiata Naik 19%

XL Axiata

101
SHARES
Share on FacebookShare on Twitter

Teknostyle.id – Kualitas jaringan XL Axiata tetap prima, tidak mengalami gangguan yang berarti karena sudah dilakukan sejumlah langkah antisipatif. Di antaranya berupa peningkatan kapasitas hingga 2x lipat, pengerahan mobile BTS (MBTS), menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya.

JAKARTA, 6 JANUARI 2025. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil mengawal dan melayani lonjakan kebutuhan data pelanggan sepanjang liburan Natal dan Tahun Baru 2025 (Nataru). Dari monitoring antara 24 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025, rata-rata trafik layanan pada periode Nataru meningkat sebesar 19% dibandingkan hari normal. Sedangkan puncak kenaikan trafik layanan terjadi pada malam tahun baru di lokasi wisata Sarangan yang mencapai 208% dibandingkan kondisi hari normal. Seperti yang telah diprediksi, layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik layanan seperti tahun sebelumnya. Meskipun layanan percakapan (voice) mengalami penurunan sebesar 15%, layanan SMS justru mengalami kenaikan sebesar 11% dibandingkan hari biasa.

Baca Juga:

Bisnis Kesulitan Mengelola Iklan Digital? Platform Ini Bisa Jadi Solusinya

XL Axiata Berhasil Raih Kinerja Solid di Tahun 2024 Pendapatan Naik 6%, Laba Bersih Naik 45%

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan, “Jauh-jauh hari kami di XL Axiata telah menyiapkan jaringan untuk melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan selama libur panjang Nataru. Ini menjadi komitmen XL Axiata dalam menjaga kualitas dan kemudahan layanan sepanjang libur panjang Nataru. Dan seperti yang kami prediksikan sebelumnya, ada kenaikan trafik data yang signifikan mengingat terjadi mobilitas masyarakat yang meningkat di berbagai wilayah untuk merayakan dan menikmati liburan Natal dan Tahun Baru.”

Gede melanjutkan, XL Axiata juga bersyukur selama periode liburan tersebut kualitas jaringan tetap prima, tidak mengalami gangguan yang berarti karena sebelumnya sudah dilakukan sejumlah langkah antisipatif dan #jadilebihbaik. Di antaranya berupa peningkatan kapasitas hingga 2x lipat, pengerahan mobile BTS (MBTS), menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya.

Data XL Axiata juga menunjukkan tingginya aktivitas digital yang dilakukan pelanggan dalam mengisi masa liburan Nataru. Trafik data di area pemukiman di Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya tetap menunjukkan kenaikan sekitar 18% dibandingkan hari normal. Secara nasional, kenaikan trafik tertinggi terjadi di Kabupaten Lombok Timur, naik 34%, lalu Kabupaten Lombok Tengah, naik 31%, dan Kabupaten Bogor, naik 23%.

Berdasarkan provinsi, kenaikan trafik tertinggi terjadi di Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, sebesar 21%, lalu Jawa Timur naik hingga 18%, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah  naik hingga 17%. Untuk Jawa Barat, Jawa Tengah, serta DIY mengalami kenaikan sebesar 16%.  Secara rata-rata trafik di seluruh Sumatera naik 13% dan Sulawesi 15%.

Area tujuan wisata popular juga mengalami kenaikan trafik data yang cukup signifikan.  Kawasan Malioboro, Yogyakarta, trafik data naik hingga 115% dibandingkan hari normal. Di kawasan Sarangan Jawa Timur, tahun ini trafik naik sebesar 208%. Sementara itu di Labuhan Bajo, Nusa Tenggara Timur naik 6.49%, Bromo Jawa Timur naik 294%, Pantai Kuta Badung Bali naik 67%, Puncak Bogor 50 %, Danau Toba naik 106%.

Jumlah pelanggan XL Axiata yang keluar negeri memanfaatkan program-program XL Axiata selama liburan Nataru mencapai sekitar 500 ribu pelanggan, mengalami kenaikan sekitar 7% dari tahun sebelumnya. Negara yang paling banyak dikunjungi adalah Malaysia.

Streaming mendominasi

Dari keseluruhan trafik layanan data selama periode Nataru, didominasi oleh trafik dari layanan atau aktifitas streaming, disusul web browsing  dan file access. Untuk trafik layanan streaming mengalami peningkatan sebesar 28% dibandingkan trafik pada hari normal, sementara trafik gim meningkat sebesar 49%.

Khusus sejumlah platform media sosial populer, trafik Facebook meningkat sebesar 6% dari hari normal, Instagram, 20%. Pada layanan berbagi video, trafik pada YouTube meningkat 18%, Tiktok 31%. Pada layanan penyampai pesan, trafik WhatsApp naik 11%.

Selanjutnya, untuk trafik streaming musik, mengalami kenaikan sebesar 21% dari hari normal. Untuk gim, trafik tertinggi ada pada FreeFire sebesar 105% dari hari normal. Lalu Roblox naik 88% dan Mobile Legends, naik 22%. Pada layanan streaming film, trafik Vidio naik 137% dibandingkan hari normal, Viu, naik 106% dan Netfli, naik 98%. Dan seperti biasanya selama masa libur panjang, trafik ke layanan peta juga meningkat. Waze GPS meningkat sebesar 24%, dan Google Maps meningkat sebesar 18%, dan sementara trafik Apple Map sama dengan hari normal.

Untuk layanan XL SATU juga mengalami kenaikan trafik sebesar 5% jika dibandingkan dengan hari normal, sedangkan untuk layanan First Media juga mengalami kenaikan sebesar 2%. Hal ini disebabkan karena masyarakat juga banyak yang menikmati liburan natal dan tahun baru di rumah.

Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak lebih dari 58,6 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 165 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 190 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas. XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.

Tentang XL Axiata
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. XL Axiata fokus menyediakan layanan konvergensi guna memberikan kemudahan bagi aktivitas kehidupan masyarakat serta mendorong perkembangan ekonomi digital Indonesia. Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL Axiata saat ini menyediakan beragam layanan bagi pelanggan ritel dan korporat yang didukung jaringan luas dan berkualitas di seluruh Indonesia. Sejak 2015, XL Axiata telah mengimplementasikan jaringan 4G LTE berkualitas dengan skala nasional, kemudian dilanjutkan dengan pengembangan jaringan 5G di kuartal ketiga 2021. XL Axiata merupakan bagian dari Axiata Group bersama dengan CelcomDigi (Malaysia), Dialog (Sri Lanka), Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), Boost, ADA, edotco, dan Link Net (Indonesia).

Tags: #XL Axiatacorporate
Previous Post

Apple Tawarkan Diskon untuk iPhone di China, Upaya Pertahankan Pangsa Pasar di Tengah Persaingan Ketat

Next Post

Kunjungi Rumah Contoh Bata Interlock Presisi SIG, Pengembang Properti Nasional Kian Optimis Dukung Program 3 Juta Rumah

redaksi teknostyle

redaksi teknostyle

Related Posts

Bisnis Kesulitan Mengelola Iklan Digital? Platform Ini Bisa Jadi Solusinya

Bisnis Kesulitan Mengelola Iklan Digital? Platform Ini Bisa Jadi Solusinya

by redaksi teknostyle
Maret 15, 2025

Teknostyle.id -  Banyak bisnis, terutama UMKM, masih menghadapi tantangan dalam mengelola iklan digital secara efektif. Proses yang kompleks, pengelolaan anggaran...

XL Axiata Berhasil Raih Kinerja Solid di Tahun 2024 Pendapatan Naik 6%, Laba Bersih Naik 45%

XL Axiata Berhasil Raih Kinerja Solid di Tahun 2024 Pendapatan Naik 6%, Laba Bersih Naik 45%

by redaksi teknostyle
Februari 5, 2025

Teknostyle.id - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil meraih pertumbuhan positif kinerja yang solid di sepanjang tahun 2024. Perusahaan...

Aset Kripto Berbasis Emas GIDR Dinilai Perluas Pilihan Aset Digital Bagi Para Investor

Aset Kripto Berbasis Emas GIDR Dinilai Perluas Pilihan Aset Digital Bagi Para Investor

by redaksi teknostyle
Januari 24, 2025

Teknostyle.id- GudangKripto, platform jual beli aset kripto (crypto exchange) yang terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI), mengumumkan dimulainya...

Kunjungi Rumah Contoh Bata Interlock Presisi SIG, Pengembang Properti Nasional Kian Optimis Dukung Program 3 Juta Rumah

Kunjungi Rumah Contoh Bata Interlock Presisi SIG, Pengembang Properti Nasional Kian Optimis Dukung Program 3 Juta Rumah

by redaksi teknostyle
Januari 7, 2025

Teknostyle.id - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) semakin menunjukkan komitmennya untuk mendukung pemerintah mencapai target 3 juta rumah per tahun...

Apple Tawarkan Diskon untuk iPhone di China, Upaya Pertahankan Pangsa Pasar di Tengah Persaingan Ketat

Apple Tawarkan Diskon untuk iPhone di China, Upaya Pertahankan Pangsa Pasar di Tengah Persaingan Ketat

by redaksi teknostyle
Januari 6, 2025

Teknostyle.id Apple tengah melakukan langkah agresif untuk mempertahankan pangsa pasarnya di China dengan menawarkan diskon langka untuk seri iPhone terbaru....

Awal 2025: Kekayaan Konglomerat Indonesia Meroket, Prajogo Pangestu Tetap di Puncak

Awal 2025: Kekayaan Konglomerat Indonesia Meroket, Prajogo Pangestu Tetap di Puncak

by redaksi teknostyle
Januari 6, 2025

Teknostyle.id - Kekayaan konglomerat Indonesia semakin melambung di awal tahun ini. Meskipun daftar orang terkaya tidak mengalami perubahan signifikan, posisi...

Next Post
Kunjungi Rumah Contoh Bata Interlock Presisi SIG, Pengembang Properti Nasional Kian Optimis Dukung Program 3 Juta Rumah

Kunjungi Rumah Contoh Bata Interlock Presisi SIG, Pengembang Properti Nasional Kian Optimis Dukung Program 3 Juta Rumah

https://teknostyle.id/wp-content/uploads/2023/11/VID-20231104-WA0036.mp4
    The Instagram Access Token is expired, Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to refresh it.
Instagram Facebook Twitter Youtube LinkedIn
Logo-TeknoStyle
Teknostyle.id adalah media Teknologi dan Gaya Hidup Multi-Platform. Dengan artikel yang lengkap, dari segi teknologi dan gaya hidup. Teknostyle.id tetap menjaga kualitas dan keakuratan data. Dengan tujuan agar setelah membaca, pengunjung mendapatkan informasi yang bermanfaat dan mudah dipahami

Contact Us :

Info@teknostyle.id
teknostyle.id@gmail.com

0812 1216 0318

Categories

  • Apps
  • Beauty
  • Business
  • Cooperation
  • Development
  • Economy
  • Entertainment
  • Event
  • F&B
  • Fashion
  • Feature
  • Food and Beverages
  • Gadget
  • Game Online
  • Health
  • Lifestyle
  • News
  • Opinion
  • Sport
  • Technology
  • Tourism
  • Travel
  • Trending Topic
  • Uncategorized
  • World

© 2021 teknostyle.id - All Rights Reserved

No Result
View All Result
  • Home
  • Technology
  • Gadget
  • Lifestyle
  • Apps
  • Travel
  • Game Online
  • Event
  • Feature
  • About Us
  • Contact Us
  • Sitemap

© 2021 teknostyle.id - All Rights Reserved

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
Sign In with Linked In
OR

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In